Sunday, August 18, 2013

[SERBA-SERBI] Tips Memasukkan Lagu ke dalam Blog

Postingan ini tidak ada kaitannya dengan lirik lagu ataupun postingan sebelumnya. Namun berhubung beberapa kali saya mendapati pesan atau komentar yang menanyakan cara membuat atau memasukkan pemutar lagu otomatis ke dalam blog, saya ingin menjelaskannya secara detail. Sebenarnya ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan, tapi saya hanya akan memberikan penjelasan rinci untuk pemutar lagu yang di pakai di blog ini saja. Kebetulan saya menggunakan fasilitas dari Soundcloud.

Mendaftar

1. Kunjungi situs http://soundcloud.com
2. Mendaftar/ sign in. Jika sudah memiliki akun, silahkan log in.
3. Untuk menambahkan lagu, klik upload (proses upload akan memakan waktu, harap bersabar dan lagu hanya bisa diupload satu persatu).

A. Memasukkan sebuah lagu ke dalam blog
1. Pilih lagu yang ingin dimasukkan ke dalam blog
2. Dibagian bawah lagu, terdapat beberapa simbol/ tombol. Klik tombol share
3. Muncul sebuah kotak klik tombol bergambar pensil untuk mengubah/ mengatur tampilan

soundcloud2


4. Muncul sebuah kotak pengaturan seperti gambar ini.

soundcloud3
5. Untuk pengguna wordpress copy link yang terdapat di wordpress code dan paste di blog (Buka dashboard --> apperance --> widget --> text)
6. Untuk pengguna blogspot copy link yang terdapat pada widget code --> Masuk blogger.com --> Klik Tata - Letak --> Pilih Add Gadget --> Pilih gadget HTML-JAVA --> pastekan script widgetnya -->  Klik Simpan

B. Membuat playlist
Berikut cara membuat dalam bentuk daftar lagu (playlist).
1. Pilih lagu yang akan di masukkan ke playlist
2. Klik tombol add to set yang ada di bawah lagu
3. Muncul sebuah kotak, isikan dengan judul playlist yang diinginkan, misalnya 'lagu' lalu klik create.

souncloud 5

4. Jika ingin menambah lagu lain ke playlist, pilih lagu, lakukan cara yang sama seperti no 2, lalu akan muncul sebuah kotak seperti ini.

5. Lakukan cara yang sama untuk menambahkan lebih banyak lagu.
6. Setelah selesai, klik stream, akan muncul gambar berikut

soundcloud 77. Klik tombol share, muncul sebuah kotak, ikuti langkah seperti bagian A 3 - 6.
Catatan:

Widget soundcloud ini sangat simpel dan tidak memberatkan blog, Tanpa mendaftarpun sebenarnya soundcloud bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang bukan member. Tetapi jika lagu yang diinginkan tidak ada, maka mau tidak mau harus mengikuti langkah-langkah di atas.

Karena menggunakan soundcloud secara free atau gratis beberapa fasilitas dibatasi. Untuk upload hanya diberi kuota 120 menit. Sedangkan untuk download batasi hanya untuk 100 downloads saja. Jika menginginkan fasilitas yang lebih atau premium harus melakukan pembayaran tertentu. Selamat mencoba.
Related Post

34 comments:

  1. terima kasih sudah memberi informasi. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. makasih infonya mbak, baru tau saya klo soundcloud ada fasilitas untuk embed ke wordpress.. karena selama ini saya tahunya wordpress susah pasang embed apalagi iframe hihihiii.... thanks :)

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk infonya, bener-bener membantu. Udah lama pengen pasang lagu di wordpress, tapi ngga bisa caranya :3
    sekali lagi makasih banyak :)

    ReplyDelete
  5. Author, jika saya ingin menambahkan lagu lebih dari 1 lagu di widget soundcloud pada blog saya caranya gmna ? :)

    ReplyDelete
  6. maksudnya membuat playlist? coba ikuti cara yang B. Tapi sebelumnya kamu harus upload lagu yang banyak.

    ReplyDelete
  7. maksudnya gak muncul, gak bisa muter, atau apa? so far masih bisa koq

    ReplyDelete
  8. makasih thor, sangat bermanfaat banget, akan aku coba ^^

    ReplyDelete
  9. […] Postingan ini tidak ada kaitannya dengan lirik lagu ataupun postingan sebelumnya. Namun berhubung beberapa kali saya mendapati pesan atau komentar yang menanyakan cara membuat atau memasukkan pemutar lagu otomatis ke dalam blog, saya ingin menjelaskannya secara detail. Sebenarnya ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan, tapi saya hanya akan memberikan penjelasan rinci untuk pemutar lagu yang di pakai di blog ini saja. Kebetulan saya menggunakan fasilitas dari Soundcloud. Untuk lebih jelas silahkan berkunjung ke http://haerajjang.wordpress.com/2013/08/18/serba-serbi-tips-memasukkan-lagu-ke-dalam-blog/ […]

    ReplyDelete
  10. terima kasih bagi panduan ... ;)

    ReplyDelete
  11. Mbak, kalo tiap postingan beda mp3 file gimana caranya?

    ReplyDelete
  12. ini tahun berapa ya? sekarang kalo klik share kok cuma ada 1 script aja..

    ReplyDelete
  13. Saya membuat tulisan ini AGUSTUS 2013 lalu, gak copy paste lho ya... Kebetulan saja gambar yang saya capture itu older version. Tapi sebetulnya gak jauh beda dengan yang new version, yang berupa icon diubah menjadi tulisan. Untuk share masih sama koq tampilannya dengan yang capture yang saya buat.

    ReplyDelete
  14. Apa Cuma Gua Di sini yg gak tau di mana letak "Stream" ?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  15. Letaknya di kiri atas bro... antara home dan explore

    ReplyDelete
  16. aku udah bisa :) makasih tutornya. tapi btw kalo mau lebih dari satu lagu di blog bisa ga make soundclub.com

    ReplyDelete
  17. Bisa. Kalau mau posting sendiri-sendiri bisa koq. Ikut cara yang A lalu di copy alamat widgetnya satu-satu. Atau kalau mau dibuat list bisa ikut yang B.

    ReplyDelete
  18. waktu udah diklik share, widget code nya gak ada. Cuma ada linknya aja. Lalu langkah selanjutnya apa? :))

    ReplyDelete
  19. Biasanya kalo di klik share pasti ada tampilan seperti gambar di atas. Ada get the link, ada Embed code, Facebook, Twitter, dll. Nah, klik yang sebelah kanan ada tulisan "Edit your widget". Ikutin seperti langkah di atas

    ReplyDelete
  20. Thanks.. sangat membantu. langsung dicoba. hehe :)

    ReplyDelete
  21. Makasih infonya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  22. kok punya aku ga bisa memutar lagu sendiri sih, harus di tekan tombol play nya dulu.. help meeeee :(

    ReplyDelete
  23. Gamsahamnida Chingu! ini benar-benar membantu kkk~ ^^

    ReplyDelete
  24. Makasih ^^ kebantu banget sama artikelnya hehe aku nyari2 lama banget trick kaya beginii

    ReplyDelete
  25. thanks infonya, follow blog saya ya ? saya masih newbie soalnya hehe

    ReplyDelete

close